sosial


About Us


Contoh Ceramah Tentang TANGGUNG JAWAB SEORANG PELAJAR

Hasil gambar untuk muslim student pngالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله وَبَرَكَاتُه

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الْكَرِيْمِ الْمَنَانِ, ذِي الْفَضْلِ وَالْإِنْعَامِ وَالرِّضْوَانِ, اَلَّذِيْ مَنَّ عَلَيْنَا بِالْإِيْمَانِ وَالْإِسْلَامِ وَالْإِحْسَانِ, فَجَعَلَنَا مِنْ أَتْبَاعِ رَسُوْلِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانِ, وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدِ نِالْمُخْتَارِ, ذِي الشمائل وَالْأَنْوَارِ, وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ الْأَخْيَارِ, مَا أَظْلَمَ لَيْلٌ وَأَشْرَقَ نَهَارٌ, أَمَّا بَعْدُ.
Yang terhormat dan yang kami muliakan Bapak Pengasuh pondok pesantren Raudlatut Tholibikin KH. Thohari Shodiq, mudah-mudahan beliau beserta keluarga selalu mendamatkan kasih sayang Allah. Aamiin..
Yang terhormat para asatidz dewan pengurus ponpes Raudlatut tholibin, para hadirin sekalian yg kami muliakan, para pendengar sekalian yang kami cintai, dan saudara-saudariku yang di muliakan Allah.
Pertama-tama, marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di majlis yang berkah ini, pada siang hari ini, untuk meningkatkan iman dan takwa kita.
Kemudian, saya ingin menanyakan satu pertanyaan saat kepada kalian: sudah bersholawatkah kalian hari ini kepada Nabi Muhammad SAW? Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kepadanya dengan benar-benar sholawat. Allahumma sholli wasallim wabarik ‘alaih.
Tidak lupa pula, saya ucapkan terimakasih banyak kepada pembawa acara yang telah memberi saya kesempatan, dan dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang:
“Tanggung jawab seorang pelajar”
Hadirin sekalian yang berbahagia,
            Terdapat dalam kitab “ta’limul muta’allim” bahwa ada enam kewajiban yang harus dilaksanakan oleh para pelajar yang sedang menuntut ilmu. Tanggungjawab dan kewajiban adalah memiliki arti yang sama, memiliki arti yang satu. insyaAllah atas izin Allah akan saya paparkan secara perinci penjelasannya.
Saudara-saudaraku yang tercinta,
            Syarat yang pertama: seorang pelajar harus paham apa itu ilmu, harus tahu esensi dari ilmu.
Rasulullah SAW bersabda: “menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim” tanpa menyebutkan “muslimah”, ini bukan berarti muslimah tidak wajib belajar, akan tetapi muslimah sudah termasuk kedalam lafadz “muslim”, yakni menuntut ilmu adalah wajib bagi muslim dan muslimah.
            Ketahuilah wahai para pemuda, tidak wajib atas kalian menimba semua ilmu, akan tetapi wajib bagimu mempelajari ilmul hal, sebagaimana dikatakan bahwa sebaik-baik ilmu adalah ilmul hal, dan sebaik-baik pekerjaan adalah menjaga hal. Apa itu ilmul hal? Yaitu ilmu agama, yang di maksud dari hal disini adalah hal-hal yang terjadi dalam kehidupan manusia berupa inkar, iman, sholat, zakat, puasa, dan lain sebagainya. Akan tetapi mempelajari ilmu formal juga penting, karena itu adalah jalan untuk berhasil dalam mencari ilmu agama. Barangsiapa menginginkan akhirat maka gapailah dengan ilmu, barangsiapa menginginkan akhirat maka gapailah dengan ilmu, dan barang siapa menginginkan kedua-duanya maka gapailah dengan ilmu. Oleh karena itu, mari kita mencari ilmu agama sebanyak mungkin dan mempelajari ilmu formal.
            Syarat yang kedua adalah niat yang baik dan benar, di dalam proses belajar kita harus memiliki niat yang baik, karena niat adalah dasar utama dalam segala hal, rasulullah saw bersabda: “sah tidaknya amal adalah tergantung pada niat ...” apabila niatnya baik, maka perbutannya pun akan menjadi baik, dan apabila niatnya rusak, maka amalnya pun akan rusak, maka bersihkanlah niat kita semata2 karena Allah. Dan seyogyanya pelajar meniatkan belajarnya untuk mencari ridha Allah, menghilangkan kebodohan, menghidupkan agama islam, dan sebagai rasa syukur atas nikmat aqal dan sehatnya badan. Apabila kita berniat dengan demikian, maka insyaAllah Allah akan memudahkan kita dalam menuntut ilmu, dan mendapatkan ilmu yang manfaat, Aamiin..
            Teman-temanku tercinta !
            Adapun syarat yang ketiga adalah ikhtiyar yaitu memilih dan memilah. Yang pertama pilihlah ilmu yang manfaat untuk kita, keluarga kita, agama kita, negara kita dan orang-orang disekitar kita, Oleh karena itu, utamakanlah ilmmu tauhid untuk lebih mengenal Allah. Kemudian yang kedua pilihlah guru yang memiliki banyak ilmu, yang menjaga diri serta sepuh, agar bisa ngalap berkah dan ngalap manfaat. Kemudian yang terakhir, pilihlah teman belajar yang sungguh-sungguh dalam belajar, disiplin dan tidak malas, agar kita bisa ikut menjadi pelajar yang cerdas, penyabar, jujur dan hasil ilmu.
            Di dalam syair ulama menjelaskan :
Ingatlah, engkau tidak akan hasil ilmu kecuali dengan 6 hal
Perinciannya akan saya terangkan kepadamu dengan jelas
Cerdas, haus akan ilmu, sabar, dan bekal yang cukup
Petunjuk dari guru, dan waktu belajar yang lama

            Syarat yang ke-empat adalah menghormati ilmu dan pemiliki ilmu.  Kenapa harus demikian? Karena ketahuilah wahai para pemuda! Sejatinya seorang pelajar tidak akan hasil ilmu dan tidak akan manfaat ilmu kecuali dengan menghormati ilmu dan pemilik ilmu. Di katakan: “tidaklah sukses orang yang sukses kecuali dengan hormat, dan tidaklah gagal orang yang gagal kecuali karena meninggalkan hormat” sebagai mana pada ungkapan “penghormatan itu lebih baik dari pada patuh, apakah kamu tidak tahu bahwa manusia itu tidakah kufur karena ma’shiat, akan tetapi ia menjadi kufur karena meninggalkan hormat”.
            Saudara-saudarku kaum muslimin yang berbahagia!
            Syarat yang kelima adalah memiliki tekad dan bersungguh-sungguh. Karena menuntut ilmu itu memerlukan kesungguhan dari tiga unsur, yaitu kesungguhan dari pelajar, guru dan orang tua. Sebagaimana yang kita ketahui, barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil, dan barang siap yang menanam benih maka akan memanen hasilnya, tekad dan kesungguhan itu membuka setiap pintu yang tertutup.
            Dan syarat yang terakhir adalah hendaknya bermusyawarah keudian bertawakkal kepada Allah.
            Allah meninggikan derajat orang yang beriman diantara kamu, dan orang-orang yang di beri ilmu.
            Hadirin yang di muliakan Allah...
Saya cukupkan sampai disini, terimakasih atas perhatiannya, apabila terdapat kesalahan maka itu merupakan kekurangan dari pribadi saya sendiri, kebenaran hanya milik Allah. Akhir kata:
أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى الله.

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله وَبَرَكَاتُه
Contoh Ceramah Tentang TANGGUNG JAWAB SEORANG PELAJAR Contoh Ceramah Tentang TANGGUNG JAWAB SEORANG PELAJAR Reviewed by Kakanda Style on 01:33 Rating: 5

No comments:

Recent in Sports

ads 728x180 B
Powered by Blogger.

Photography

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG KAMI
PRINSIP HIDUP ADALAH TERUS BERGERA
DIDALAM PERGERAKAN ADA BAROKAH

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA
الحركة بركة
PEMUDA ADALAH MASA DEPAN BANGSA
SEMOGA CINTA KITA ABADI
KHIZYAN HAMI
محمد رسول اللهلاإله إلاالله

Ads

Seo Services