sosial


About Us


TEKS CERAMAH TENTANG PENTINGNYA SEBUAH ILMU UNTUK UMAT MUSLIM

PENTINGNYA SEBUAH ILMU UNTUK UMAT MUSLIM

Photo: Buya Yahya Cirebon (Tokoh yang saya kagumi)
Assalamu’alaikum Wr. Wb.


Jawab salamnya yang serempak
Senada seirama
Menggelegar diangkasa
Nyut-nyutan di dalam dada


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين على امورالدنيا والدين، والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمرسلين، وعلى اله وصحبه اجمعين، رب اشرح لي صدري، ويسر لي امري، واحلل عقدة من لسني يفقه قولي، اما بعد.
Yang saya muliakan, ………………………..
Yang saya hormati,……………..
Bapak-bapak dan Ibu-ibu wali murid yang kami hormati.
Rekan-rekanku serta hadirin sekalian yang dimuliakan Allah.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja kepada dzat yang maha kuasa, kita panjatkan puji kepada dzat yang maha suci, kita panjatkan syukur kepada dzat yang maha ghofur. Yang telah melimpahkan beribu-ribu nikmatnya kepada kita, baik nikamat jasmani maupun nikmat rohani, sehingga kita bisa bermuwajjahah (مُوَجَّهَهُ) bertatap muka ditempat yang mulia ini, Dalam acara yang insyaAllah diridloi oleh Allah SWT. Amin ya robbal ‘alamin.
Kedua kalinya, sholawat beriring salam semoga selalu Allah curah limpahkan kepada junjungan nabi besar kita, the best of the best (de bes of de bes), the king of the king (de king of de king), nabiyuna Muhammad shollallahu’alaihi wasallam. Yang telah sukses memperjuangkan agama Islam dari ujung kota sampai kepelosok desa. Bersama para sahabat Mengobarkan semangat juang kaum muslimin, mengkibarkan bendera Islam, memperjuangkan kalimat LAAAAAA ILAA HA ILLALLAH.
Pak, Bu, kumaha damang?
Semoga Allah selalu melimpahkan kesehatan kepada kita semua, amin ya robbal ‘alamin.
Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini, insyaAllah Al Faqir akan mecoba sedikit menjelaskan tentang Pembagian manusia berdasarkan Ilmunya”.
Pak… bu…
Allah SWT menciptakan makhluk yang amat sangat taat, namanya malaikat. Allah juga menciptakan makhluk yang sangat ingkar, ketika disuruh sujud ia tak mau sujud, namanya Iblis. Nah di tengah-tengah antara malaikat dan Iblis, Allah menciptakan umat manusia. Jadi manusia itu terdiri dari setengah malaikat dan setengah iblis. Makanya, kadang baik kadang juga buruk, hari ini sholat eh besoknya mlah nenggak (minuman), hari ini shodaqoh 1000 eh besoknya maling 1 juta, wana’udzubillahi mindzalik.
Nah kita manusia diberi kelebihan oleh Allah dibandingkan dengan makhluq yang lainnya, yakni berupa akal. Perlu bapak Ibu sekalian Ketahui, bahwa akal itu sangat istimewa, dan pastinya diberikan oleh Yang Maha Istimewa kepada yang istimewa, jadi manusia itu istimewa. Kenapa bisa istimewa? Karena dengan akal lah kita dapat memiliki ikmu, dank arena ilmulah kita bisa mendapatkan kebahagian baik di dunia maupun di akhirat.
Barang siapa menginginkan dunia maka dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan akhirat itu dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya juga dengan ilmuuuuuuuuuu…(nada tarling)
Pada akhirnya, dengan ilmulah manusia terbagi menjadi 4 bagian. Apa sajakah yang empat itu?
Yang pertama, رَجُلٌ يَدْرِيْ اَنَّهُ يَدْرِيْ artinya seorang yang berilmu dan tahu kalau dirinnya berilmu. Orang yang semacam ini akan condong menjadi orang yang saling nasihat menasihati dan pandai bersyukur. Nyanyi yuk pak, nyanyi yuk bu.

Mata ini ciptaan Allah
Hidung ini ciptaan Allah
Tangan  ini ciptaan Allah
Kaki ini ciptaan Allah
Sholatullah salamullah
‘ala thoha rosu lillah
Sholatullah salamullah
‘ala yasin habibillah
Mata melihat Alhamdulillah
Tuk melihat alam semesta
Tak melihat butalah kita
Mari ucapkan na’udzubillah
Telinga mendengar Alhamdulillah
Tuk mendengar suara indah
Tak mendengar butalah kita
Mari ucapkan na’udzubillah
Kaki melangkah Alhamdulillah
Tuk melangkah kejalan syurga
Tak melangkah lumpuhlah kita
Mari ucapkan na’udzubillah
(make nada “baju baru Alhamdulillah”)
Tipe yang pertama inilah yang patut kita dekati, sebagaiman dikatakan dalam ta’limul muta’allim:
اِذَاكُنْتَ فِيْ قَوْمٍ فَصَاحِبْ خِيَارَهُمْ # وَلَاتَصْحَبِ الْاَرْدَى فَتَرْدَي مَعَ الرَّدِيْ
(nada “naruddu bikal a’la” baka jamiyahan)
Ketika dirimu berada dalam suatu qoum, maka temanilah orang yang baik-baik dari mereka # dan janganlah kamu temani orang yang hina akhlaknya, karena kamu akan menjadi hina bersama orang yang hina.
Berteman dengan kiyai dekat dengan Allah, berteman dengan Habib dekat dengan Rasulullah, berteman dengan Ulama jadi ‘alim agama Allah, dekat dengan pemimpin bijaksana dijalan Allah. Rek dekat dengan maling ya ikutan dibilang maling, dekat dengan garong ikutan dibilang garong. Dekat dengan pedagang minyak wangi ikutan wangi, dekat dengan tukang gesek ikutan bau gesek, dekat dengan tukang kentun ikutan bau kentut, pas giliran naik haji dibilang haji kentuut.
Tapi ingat, ketika kita diberi karunia ilmu yang banyak oleh Allah jangalah kita menjadi sombong, jangan jadi tukang boong, korupsi di siang bolong, sama saja dengan garong, milik orang digendong, kalo uadah ketahuan mah kaya bencong, lari terbirit-birit kaya dikejar pocong.
Jangan cemari nama baik kita dengan kesombongan, jangan cemari nama baik kita dengan kebohongan, karena nama baik kalau sudah tercemar akan susah untuk menghilangkannya.
Contoh, ada yang dari indramayu? Punten buat orang indramayu.
Siapa sih yang tak kenal dengan indramayu? Mayoritas penduduk indramayu adalah ank pesantrenan dan lulusan pesantren, di esantren manapun ada anak indramayu. Di babakan ada santri indramayu, dikempek indramayu, dibuntet indramayu, dibrebes indramayu, dimajalengka indramayu, dikuningan indramayu, dijombang indramayu, dilirboyo indramayu, dijakarta yo indramayu, diamerika indramayu, disingapur indramayu, dijepang indramayu, diturki indramayu, diyaman indramayu, bahkan dimesirpun ada santri indramayu.
Mayoritas penduduk indramayu adalah pesantren, tetapi orang-orang mengenal indramayu bukan kota pesantren. Kata orang majalengka indramayu kota mangga, kata orang kuningan indramayu kota gaplean, yang lebih parah orang Cirebon bilang indramayu itu kota     te lem bo ok. Itulah nama kalau sudah tercemar akan susah untuk memperbaikinya.

Tipe yang kedua yaitu رجل لَايدري انه يدي orang yang pintar tapi tidak sadar kalau dirinya itu pintar, wong bisa tapi ora weruh lamon deweke kuh bisa.
Dingkon wudlu mong ora bisa
Dingkon adzan emong ora bisa
Dingkon sholat mong ora bisa
Marhabanan emong ora bisa
          Dingkon PS ayu reang bisa
          Dingkon nyanyi ayu isun bisa
Dingkon tahlil mong ora bisa
Dingkon mati yoo ora bisa
Cuapek dechhh….
Makanya, jangan bilang tidak bisa sebelum kita mencoba dan berusaha.
Beeetul enggak pak? Beeetul enggak bu?
Alhamdu lillah…..
         
Menus yang ketiga رَجُلٌ يَدْرِيْ اَنَّهُ لَايَدْرِيْ orang yang bodoh dan dia tahu kalau dirinya itu bodoh.
Pak… bu….
Al Faqir sadar kalau diri Al faqir itu bodoh, tapi jangan salah, dengan kesadaran ini saya akan menjadi anak yang semangat, anak yang rajin belajar, agar saya tidak seterusnya menjadi orang bodoh, agar saya bisa menjadi putra putri bangsa yang bisa berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Amin ya robbal ‘alamin….
Jangan jadi tipe orang yang keempat رجل لا يدري انه لا يدري   dia itu bodoh, tapi tidak menyadari kalau dirinnya itu bodoh. Sebodoh-bodohnya orang yang bodoh adalah orang bodoh yang tidak tahu kalau dirinya bodoh. Setolol-tololnya orang yang tolol adalah orang tolol yang tidak menyadari kalau dirinya tolol. Segila-gilanya orang yang gila adalah orang gila yang tidak menyadari kalau dirinya itu gila. Dan secantik-cantiknya orang yang cantik adalah orang cantik yang tidak menyadari kalau dirinya itu cantik. Alhamdulillah, hirobbil ‘alamin.
Pak… Bu…
Kalau sudah bodoh ya jangan ngaku pintar, karena bisa-bisa menyesatkan.
          Ceritanya pak RT karo Pak Bupati lagi berantem, gara-gara Pak RT lagi asik korupsi sendirian. Jare pak bupatine “lah lah lah, ente berani-beraninya korupsi, enggak takut masuk penjara ente?”. Pak RT nya ngebales “jadi bupati ko guoblog, pake otaknya donk, gimana aja caranya biar enggak ketahuan, tuh liat, disekeliling enggak ada orang toh, jadi enggak bakalan mungkin ada yang tau, ples enggak bakalan ada yang ngejeblosin saya kepenjara”. Pak Bupati geleng-geleng kepala dia “Astaghfirullah, dasar bahlul ente, bupati dibilang guoblok, sadar donk, biar kate enggak ada orang yang tahu tapi Allah SWT Maha Tahu”. Pak Rt bingung, mau jawab apaaa….. tapi pak rt tak mau kalah “emang anda bupati, tapi bupati guoblok, belum ngaji ente, enggak pernah baca Qur’an ente, biar pun Allah Maha Tahu kalu saya korupsi, tapi anda harus ingat bahwa والله غفور الرحيم tinggal taubat toh, kan Allah itu Maha Pengampun, gitu aja ko repot”…. Itulah contoh orang bodoh ngaku pintar. Sahabat umar bin khattab berkata “memang Allah Maha Pemgampun. Tapi ingatlah sesungguhnya adzab Allah sangatlah pedih”.
Alhamdulillah, hirobbil ‘alamin.
          Bapak2 ibu2 yang dimuliakan Allah.
Mulai sekarang, mari kita koreksi diri kita masing-masing, termasuk orang yang manakah diri kita? Apakah رَجُلٌ يَدْرِيْ اَنَّهُ يَدْرِيْ ? atau mungkin رجل لَايدري انه يدي ? atau barangkali رَجُلٌ يَدْرِيْ اَنَّهُ لَايَدْرِيْ ? dan bahkan bisa jadi kita termasuk رجل لا يدري انه لا يدري?
Untuk itu koreksilah diri anda, حَاسِبُوْا اَنْفُسَكُمْ قَبْلَ اَنْ تَحْسَبُوْا غَيْرَكُمْ introfeksilah pribadi anda terlebih dahulu sebelum mengintrofeksi orang lain.
كن عالما ولاتكن جاهلا jadilah orang yang berilmu dan janganlah menjadi orang yang bodoh. طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة menuntut ilmu itu wajib hukumnya bagi muslim laki-laki maupun muslim perempuan.
1+1=2 yukz kita mencari ilmu supaya kita bisa berdo’a
2+2=4 kalau kita bisa berdo’a kita bisa dapet berkat
4+4=8 kalau kita dapet berkat kita bisa makan
8+8=16 kalau kita bisa makan kita gak usah ngeluarin beras
16+16=32 kalau kita punya banyak beras mau kawin sama siapapun disayang merrrrtua.
Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan. Demi Allah saya taati, demi orang tua saya patuhi, demi kaka saya kasihi, demikian saya akhiri. Jangan lupa klik iklannya juga ya, gratis.

Wabillahilhidayah wattaufiq

Wassaamu’alaikum Wr. Wb.
Karya asli oleh: KHIZYAN HAMI
Boleh langsung di Copy + Paste atau di Download
Cara download klik pada link "DOWNLOAD" yang bergambar kepala serigala berapi dibawah, Lalu klik UNDUH GRATIS seperti yang ditunjukkan oleh anak panah pada gambar berikut.
semoga bermanfaat.

TEKS CERAMAH TENTANG PENTINGNYA SEBUAH ILMU UNTUK UMAT MUSLIM TEKS CERAMAH TENTANG PENTINGNYA SEBUAH ILMU UNTUK UMAT MUSLIM Reviewed by Kakanda Style on 11:31 Rating: 5

No comments:

Recent in Sports

ads 728x180 B
Powered by Blogger.

Photography

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG KAMI
PRINSIP HIDUP ADALAH TERUS BERGERA
DIDALAM PERGERAKAN ADA BAROKAH

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA
الحركة بركة
PEMUDA ADALAH MASA DEPAN BANGSA
SEMOGA CINTA KITA ABADI
KHIZYAN HAMI
محمد رسول اللهلاإله إلاالله

Ads

Seo Services